Self Care while Traveling

Setiap kali saya posting kegiatan atau apapun di social media, pasti ada saja yang nanya “Nggak capek, Mba, saingan dengan bang Toyib, nggak pernah pulang.” Yang ga tau Bang Toyib pasti anak milennials nih 😀

Saat traveling berhari-hari bahkan berminggu-minggu, terkadang rasa lelah dan jenuh akan muncul. Wajar. Padahal tadinya saya sempat berpikiran kalau bekerja keluar kota makan tingkat stress yang dialami akan mendekati titik nol. Salah, stress karena tekanan itu akan selalu ada meskipun dalam bentuk yang berbeda.

“jam berapa harus mengejar hammerhead besok?”

“Persiapan gear up setelah sarapan jam 7 ya.” Ini sering banget denger kalimat seperti ini pas dive trip.

Atau.. “Bahan desa tradisional kira-kira 2 jam dari sini, kita berangkat subuh ya.”

Adalah hal-hal yang biasa dialami saat traveling, apalagi saat tim Wet Traveler harus ngejar materi. Padahal esensinya traveling itu haruslah menyenangkan.

Nah beberapa tips dibawah ini saya coba rangkum untuk menjaga energy dan tingkat kebahagiaan saat traveling tetap berada di posisi prima :

  1. Jangan berubah

Berubah jadi apa nih? Maksudnya kalau kita punya kebiasaan sehat di rumah, sebaiknya jangan dilupakan mentang-mentang lagi traveling. Usahakanlah untuk menjaga kebiasaan itu. Misalnya :

  • Makan makanan sehat

Kalau kamu terbiasa sarapan dengan menu sehat seperti buah, coba lakukan juga kebiasaan ini saat traveling. Buah tak terlalu sulit ditemukan, apalagi kalau travelingnya masih di negara tropis.

  • Minum air putih yang banyak

Penting, tapi sering kelupaan. Saat badan mengeluarkan banyak keringat dan kepanasan, tubuh kita lebih cepat mengalami dehidrasi dan kalau dibiarkan makan rasa lemas akan mudah timbul. Biasanya  kalo lagi trip surfing niiihh suka kelupaan minum. Belum lagi kalau sudah sampai tahap pusing, wah rugi banget tuh sementara pemandangan di sekitar kita sedang bagus-bagusnya. Nggak ada salahnya bawa botol air isi ulang sendiri juga, bisa mengurangi sampah plastik.

  • Olahraga

Saya selalu memulai hari dengan olah raga, tak perlu berat sekedar srtaching dan jogging kecil juga sudah cukup. Bukanya kalau sedang traveling itu juga bergerak? Yup betul, tapi gerakan olahraga tetap kita perlukan untuk melancarkan mobilitas gerakan tubuh dan tidak kaku dengan gerakan yang itu-itu saja. Yoga juga oke banget, dan bisa dilakukan pada ruangan yang terbatas.

travel-beauty-2

  1. Journaling

Kegiatan ini mungkin sering dianggap membuang-buang waktu. Tapi dengan mencatat semua yang telah kita lalui, mencatat perasaan atau hanya sekedar menggambar sketsa akan membantu kita untuk merasa ‘puas’. Catatan kita ini akan menjadi pengingat apa yang telah dialami, serta betapa berharganya sebuah pengalaman. Saya senang untuk menggali rasa penghargaan itu, karena rasa itu akan memberikan nilai tambah bagi sekedar pemandangan bagus.

  1. Good sleep

Harus pintar-pintar nahan diri nih. Dulu ketika masih muda #OmongaOrangTua tidur nggak terlalu penting. Rasanya rugi. Pasti sering dengar ucapan “Kalau mau tidur sih di rumah aja.” Ini yang bikin badan gampang drop. Pertahankan jam tidur. Kalau kamu terbiasa tidur 6,7 atau 8 jam sehari ya jangan dikurangi. Tahan diri agar tak terlalu memforsir dan takut rugi, malahan kalau kurang tidur dan sakit keesokan harinya, bisa lebih rugi lagi kan? Saweran boat diving jadi hangus deh….

travel-beauty-blog-4

  1. Jangan bersalah untuk melewatkan ‘must see’ objek

Apalagi saat traveling dengan waktu yang lama. Perasaan ini pasti akan muncul. Sementara kita tau perkiraan waktu dan tenaga tak memadai untuk memenuhi semuanya. Relakan saja.

Karena perasaan bersalah itu akan menghasilkan stress yang nggak perlu. Padahal bebas menentukan akan kemana dan mengalami apa itu adalah inti dari traveling (kecuali kalau memang sudah ditentukan sebelumnya yaa.. resiko itu namanya.)

  1. Manjain diri

Penat dan cape biasanya menjadi teman di akhir hari saat traveling. Nggak ada salahnya sedikit memanjakan diri. Sekedar santai di sofa dengan coklat panas dan buku itu nggak ada duanya! Atau cuma leyeh-leyeh di balkon kamar sambil iseng-iseng scrub muka yang sudah seharian kena debu jalan. Dijamin setelah itu muka rasanya akan lebih segar dan bersemangat!

Yang harus diingat, tetap gunakan bahan alami untuk perawatan tubuh. Makanya suka banget dengan Sugar Rush ini karena bahan dasarnya dari gula. Kalau di rumah dan lagi rajin biasanya saya suka bikin scrub gula dicampur olive oil. Rada ribet emang. Nah kalau lagi traveling, enak banget bawa Sugar Rush ini. Baunya juga menggiurkan.

Setelah itu jangan lupa jaga kelembapan kulit muka, juga termasuk kulit bibir. Yes, thanks to smoochies yang baunya seru serasa ada pesta pantai di bibir hehehe.

  1. Perpanjang waktu

Mungkin tips yang ini bakalan dilempar sandal bagi para pekerja kantoran hehehe.. tapi kalau bisa, cobalah untuk slow down dan meresapi semua kegilaan dan keseruan selama traveling dengan bersantai di satu hari itu. Pastinya hampir semua orang ingin traveling sesuai jadwal dengan kegiatan sebanyak-banyaknya, sementara sudah pasti waktu yang ada rasanya selalu kurang. Semakin kita research tujuan di satu destinasi, semakin banyak yang kita ketahui, dan semakin kita stress untuk melihat semua. Saya sering ketemu dengan para traveler luar yang memang meluangkan waktu untuk traveling di Indonesia dalam jangka waktu cukup panjang dari berminggu-minggu, hingga dalam hitungan bulan. Dan kalau mereka sudah suka dengan satu destinasi, biasanya mereka mengubah itinerary dan memutuskan untuk tinggal lebih lama di destinasi tersebut. Well, nggak ada yang salah dengan keputusan itu, toh pada akhirnya kualitaslah yang harusnya diutamakan, bukan kuantitas.

Processed with VSCOcam with q7 preset

Kalau kalian punya tips-tips untuk self care while traveling, jangan segan-segan tulis di komen yaaa, karena saya juga penasaran dengan ide-ide dari kalian.

 

Cheers

img_3796

Gemala Hanafiah

@g_hanafiah

Sometimes become a lazy traveler

 

 

 

Tips mendapatkan foto bagus saat traveling untuk Instagram

Siapa sih yang nggak pengen punya foto bagus waktu traveling, apalagi untuk diposting di social media terutama di Instagram yang memfokuskan pada tampilan visual.

Tidak harus menjadi fotografer yang handal atau mengajak fotografer professional saat melakukan trip (kebayang ngeri bayarannya doong). Dan peralatannya pun tidak harus sampai memiliki kamera DSLR untuk mendapatkan foto yang special. Ya, kalau punya kamera dengan lensa yang bagus tentunya akan menjadi point plus mendapatkan foto keren.

Nah, sebelum mengambil foto di spot yang heiitsss, ini dia beberapa point yang harus diperhatikan saat lo akan mengambil foto atau minta difotoin sama temen trip :

Bermain Komposisi

Bicara komposisi ini alternatifnya banyak banget, tapi secara garis besar bisa dibagi menjadi :

  • Serba tengah. Ini meruapakn senjata yang lumayan oke untuk menyiasati bidang kecil di Instagram. Dengan menempatkan objek atau struktur di tengah, lo udah memberikan penekanan pada keseluruhan image.
  • instagram-photo-5
  • aturan 1/3. Untuk anak fotografi kayanya ini dah ga asing lagi. Saat ngambil foto terutama untuk landscape, aturan 1/3 banyak dipakai. Coba juga untuk bermain-main dengan penempatan objek di pinggir-pinggir frame, kadang yang mojok-mojok lebih asik 😀

instagram-photo

instagram-photo-2

  • Bermain dengan garis simetris horizontal. Foto yang memperhatikan garis horizontal yang dibentuk oleh komponen alam maupun bikinan manusia. Oya, meskipun terdengar remeh, memperhatikan kelurusan garis horizontal terutama foto landscape itu bisa mendongkrak keindahan foto kita. Geregetan banget kalo liat foto yang garis cakrawalanya miring2 padahal digadget masing-masing pasti punya fitur edit untuk meluruskan foto yang mudah digunakan.

instagram-photo-4

instagram-photo-3

  • Perhatikan potongan objek. Paling kasian kalau ngeliat foto orang yang backgroundnya udah keren, tapi kakinya ilang sebatas pergelangan, atau tangannya kepotong jarinya, atau idungnya ga ada heheheh #lebay. Bukannya nggak boleh nge-crop objek, tapi pilihlah bagian yang ‘nggak nanggung’ kalo di crop, jadi ga bikin penasaran dan berasa digantung #eh.

instagram-photo-6

  • Cahaya dan warna

Seperti tadi yang gw tulis sebelumnya, tidak harus punya gadget super canggih untuk mendapatkan foto bagus saat traveling. Bahkan seringkali kamera yang ada smartphone sudah sangat cukup untuk mendapatkan foto yang dinginkan. Namun tentu saja, itu berarti kemapuna menangkap cahaya lebih terbatas. Nggak bisa ngatur depth of field dengan leluasa, dll.

Maka carilah moment yang aman untuk ngambil foto : saat cahaya sedang bagus-bagusnya or cerah. Hindari saat langit mendung ato flat, tapi kadangkala bisa juga memanfaatkan ke’flat’ itu tergantung konsep yang kita bikin. Busyeeett.. mo foto untuk instagram aja pake honseeppp… macam mau ngajuin ide ke client yak.

Penampilan

• Kostum

Ehm, ini berhubung yang nulis blognya cewe, boleh dooong bahas penampilan. Karena gimanapun juga kostum yang kita pakai itu bakalan ada pengaruhnya pada keseluruhan hasil foto.

Maksudnya kostum disini nggak perlu yang super heboh nan ajaib yaaaah, Gw nggak tanggung kalau kalian jadi diliatin satu lokasi gara-gara pake topi dengan buah-buahan tropis heboh atau dress syahrini yang berlapis-lapis macam kemoceng. Jangan yaaa

Maksudnya mikirin kostum disini, lebih ke kepantasan busana (tsah bahasanya) yang kita pakai. Kalau ke pantai ya nggak apa-apa pakai dress pantai atau celana pendek dengan atasan yang cerah. Kalau ke gunung ya jangan pakai jeans dong 😀

Setelah kostum sesuai, pikirkan soal warna. Seringkali warna-warna cerah bisa tampil keren saat difoto outdoor, karena kontras dengan warna background. Atau putih sekalian. Tapi untuk wisata kota dengn background urban, warna-warna modern seperti abu-abu dan krem bisa jadi keren.

instagram-photo-7

kinabalu-3

Make up

Nah ini dia nih. Jangan salah sangka dengan make menor macam mau pemotretan untuk majalah yaaaa.

Make up ‘no make up’ itu bakalan jadi penunjang foto jadi keren juga. Bisa dipastikan kita tampil lebih fresh dengan ‘no make up’ make up. Ini dia beberapa tipsnya :

  1. Sunscreen

Main di outdoor nggak jauh-jauh dari bermain dengan matahari, dan pastinya ngelindungin muka dari sinar UV itu PENTING! Mungkin bukan untuk melindungi dari rasa terbakar, tapi untuk jangka panjang, melindungi kulit muka itu penting untuk mengurangi kemungkinan flek merajalela di muka. Gw suka Sun Protection dengan SPF 30 ini karena ga berat di kulit, cocok untuk kulit sensitif jadi nggak bikin jerawatan.

  1. BB cream

Jangan sampe main di outdoor bikin muka jadi kusam. BB cream punya fungsi ganda selain untuk melindungi muka dari bakteri penyebab jerawat, spf nya juga bisa melidungi dari matahari. Enaknya ga perlu touch up lagi pake bedak #AnaknyaMalesDandan

Makanya lagi suka bangets Emina Beauty Bliss karena ringan dan kesannya ga make up, pemakaiannya bisa dengan ujung jari or gw lebih suka pake kuas lebar karena lebih merata.

  1. Blush on

Biar ga pucet dan tetap seger merona, blush on bisa jadi pilihan mudah selain nampar-nampar pipi sendiri 😀

Tapi hati-hati, pemakaian berlebihan dapat membuatmu menjadi saingan badut mall. Emina Cheeklit bisa memberikan warna merah ‘malu-malu’ ala gadis Korea.

  1. lip balm

Kadang lipensetik is too much kala dipakai traveling outdoor. Ada aja siih yang pakai, tapi kalau gw ngrasanya terlalu ‘niat’. Lip Balm bisa jadi jalan tengah yang netral. Smoocies lip balm selain melembutkan juga mengandung sunscreen, pas banget untuk ngelindungin bibir supaya tetap sexy manja. Buat naik gunung oke juga nih, menghindari bibir luka dan pecah-pecah kena dingin dan kering.

Last but not least, kalo dah nyampe di penginapan or hotel or tenda or anything, jangan lupa bersihkan segala sesuatu yang nempel di muka. Untuk semuanya yang berbasis air dan minyak, gw pake Dirtless in sight makeup remover biar ga repot2 lagi dan semuanya terangkat.